Contoh khutbah Jum'at di bulan Puasa

 LINK PDF Naskah Khutbah Jumat Sambut Bulan Ramadhan 1444H/2023, Persiapan  Diri - Tribunsumsel.com

JelajahIslam313, Tangerang - Khutbah adalah pidato atau ceramah agama yang disampaikan oleh seorang pemimpin agama Muslim kepada jamaah di masjid atau tempat ibadah lainnya, biasanya pada hari Jumat atau pada momen-momen penting dalam kalender Islam seperti Idul Fitri, Idul Adha, atau awal bulan Ramadhan. Khutbah biasanya dimulai dengan pujian kepada Allah SWT dan doa, kemudian dilanjutkan dengan tema tertentu yang berkaitan dengan ajaran Islam dan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh umat Muslim di masa kini.

Khutbah seringkali menjadi sarana untuk menyampaikan pesan moral, nasihat, dan pengajaran agama Islam kepada jamaah, serta memotivasi umat Muslim untuk meningkatkan kualitas iman dan amal ibadahnya. Khutbah biasanya disampaikan dalam bahasa Arab atau bahasa setempat yang digunakan oleh jamaah, dan diakhiri dengan doa atau zikir. Khutbah memiliki peran penting dalam memperkuat ikatan keimanan dan kesatuan umat Muslim, serta membantu umat Muslim untuk merenungkan makna dan tujuan hidup dalam perspektif Islam.

Berikut ini adalah contoh khutbah di bulan puasa:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk berpuasa di bulan yang mulia ini. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya dan diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa.

Saudara-saudara sekalian, pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita memperbanyak amal ibadah selama bulan Ramadhan ini. Bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Selain menahan diri dari makan dan minum, puasa juga mengajarkan kita untuk menahan diri dari segala tindakan dan ucapan yang tidak baik.

Marilah kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan di masa lalu. Saling memaafkan, berbuat kebaikan, dan berbuat manfaat untuk sesama harus menjadi tujuan utama kita selama berpuasa.

Saudara-saudara sekalian, selain melakukan ibadah puasa, marilah kita juga memperbanyak ibadah lain seperti membaca Al-Quran, sholat tarawih, dan melakukan sedekah. Kita juga harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan memperbaiki hubungan dengan sesama.

Selain itu, mari kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah kita secara keseluruhan. Jangan hanya fokus pada ibadah puasa, tetapi perbanyak juga ibadah-ibadah lainnya dan jangan sampai kita kendor dalam semangat dan tekad untuk beribadah selama sebulan penuh.

Saudara-saudara sekalian, sebagai umat Muslim, marilah kita jadikan bulan Ramadhan sebagai ajang introspeksi diri, memperbaiki diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kekuatan, kemudahan, dan hidayah-Nya dalam menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Semoga Bermanfaat.

Tag

#khutbahjumat #Puasa # Jumat

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Quotes Islami Dapat Menjadi Motivasi dan Doa

Penetapan Bulan Puasa dan hari Raya Idul Fitri 2023 Pimpinan Pusat Muhammadiyah